Wapres KH Ma,ruf Amin Menghadiri Pernikahan Putra Presiden Jokowi ( Kaesang Dan Erina Gudono ).

Yogyakarta, majapahittv.com  – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin menghadiri Akad Nikah Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Hotel Yogyakarta, Jalan Laksda Adisucipto Nomor 62, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Wapres yang berpakaian adat Beskap Hitam Surakarta serasi dengan Ibu Wury yang mengenakan Kebaya tiba di lokasi acara sekitar pukul 12.25 WIB. Terlihat menyambut kedatangan Wapres dan Ibu Wury, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia masing-masing beserta pendamping.

Di awal rangkaian acara, Wapres dan Ibu Wury secara khidmat menyimak prosesi adat Pasrah Tampi yang dilakukan sebelum prosesi akad nikah.

Tampak dalam prosesi acara Pasrah Tampi diantaranya Juru Bicara Calon Pengantin Pria, Muhadjir Effendy didampingi oleh Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution yang akan menjadi perwakilan keluarga untuk menyerahkan Calon Pengantin Pria untuk dinikahkan. Tampak pula Presiden Joko Widodo beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo mengikuti prosesi ini dengan berdiri di belakang Gibran dan Bobby.

Sementara, dihadapan barisan rombongan Calon Pengantin Pria, telah siap Juru Bicara Calon Pengantin Wanita, Muhammad Masyhudi didampingi oleh Hendra Prasojo dan Bagus untuk menerima Calon Pengantin Pria yang akan segera dinikahkan.

Selanjutnya, Calon Pengantin Pria didampingi oleh Hendra Prasojo dan Bagus berjalan menuju meja akad nikah. Sementara Presiden Joko Widodo beserta Ibu Hj. Iriana Joko Widodo dan keluarga inti serta keluarga inti Calon Pengantin Wanita menuju tempat yang telah disiapkan.

Sesaat kemudian, tampak calon Pengantin Wanita tiba di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo dengan menggunakan kereta kencana didampingi oleh Nadya Sofia Gudono dan Shania Sofia Gudono, untuk menuju meja akad nikah.

Prosesi Akad Nikah

Prosesi akad nikah diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh H. Ahmad Nabil Mubaraq. Setelahnya, Penghulu Muhammad Wiyono dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman bertugas melanjutkan memandu jalannya Prosesi Akad Nikah.

Saat pelaksanaan ijab kabul, Kakak Erina Gudono yakni Allen Adam Rinaldi Gudono, bertindak sebagai wali nikah untuk menikahkan adiknya dengan Kaesang Pangarep.

“Ananda Kaesang Pangarep, Putra Bapak Haji Joko Widodo, saya nikahkan Ananda dengan Erina Sofia Gudono, Putri Bapak Haji Mohammad Gudono, nikah untuk Ananda sendiri dengan mas kawin berupa seperangkat alat salat, logam mulia 10, 12, 20, 22 gram dan uang tunai sebesar Rp 300 ribu dibayar tunai,” ucap Allen.

“Saya terima nikahnya Erina Sofia Gudono binti Mohammad Gudono dengan mas kawin tersebut, dibayar tunai,” jawab Kaesang.

Usai dinyatakan sah menjadi suami istri oleh para saksi, penghulu kemudian memberikan buku pernikahan untuk ditandatangani oleh kedua mempelai, wali nikah, saksi dari pihak pengantin pria, dan saksi pengantin wanita. Setelah penyerahan buku dan kartu pernikahan oleh penghulu kepada kedua mempelai, prosesi dilanjutkan dengan penyerahan mahar.

Usai rangkaian prosesi ijab kabul pernikahan terlaksana, Wapres kemudian memberikan nasihat pernikahan kepada kedua mempelai dan memimpin doa untuk memohon keberkahan hidup berumah tangga bagi kedua pasangan baru ini.

Bertindak sebagai saksi pernikahan dari pihak pengantin pria adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan saksi dari pihak pengantin wanita adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno. (Info RN, BPMI – Setwapres)

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button