Sejumlah Pejabat Dan Kepala Negara Yang Sudah hadir Di Bali KTT G20

 

majapahittv.com  .Denpasar -Sejumlah kepala dan pejabat negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 telah hadir di Bali sejak Minggu (13/11/2022) kemarin.
Mereka datang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan menggunakan pesawat kepresidenan masing-masing untuk mengikuti KTT yang berlangsung sejak 15-16 November 2022.

Kepala negara yang pertama adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Orang nomor satu di negeri Paman Sam itu datang menggunakan pesawat Air Force One dan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sekitar pukul 21.46 WITA.

Selanjutnya, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, tiba tidak lama setelahnya dan disambut Menteri BUMN Erick Thohir. Kedatangan Lavrov untuk menggantikan Presiden Vladimir Putin yang menyatakan absen dari acara tersebut.

Pejabat selanjutnya yang hadir adalah Direktur Jenderal Organisasi Buruh Internasional (ILO) Gilbert F. Houngbo dan Presiden Islamic Development Bank (ISDB) Muhammad Sulaiman Al Jasser.

Menyusul kedua pejabat tersebut, Menteri Luar Negeri Mexico, Marcelo Ebrard Casaubon tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai dab disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen datang bersama pasangannya, mendarat setelah Presiden Joe Biden. Presiden Republik Korea Yoon Suk-yeol beserta Nyonya Kim Keon-hee mendarat setelahnya, sekitar pukul 22.30 WITA.

Kemudian utusan khusus Perdana Menteri Fiji, Ratu Inoke Kubuabola, dan Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida datang bersama Nyonya Yuko Kishida di Bali pada malam tadi.

Sebelumnya, sejumlah pemimpin organisasi internasional juga tiba di Bali, seperti Executive Chairman World Economic Forum (WEF) Klaus Schwab tiba sekitar pukul 18.56 WITA dan disambut langsung oleh Gubernur Bali I Wayan Koster.

Presiden Joko Widodo  sebelumnya telah mengonfirmasi akan ada 17 pemimpin negara G20 akan hadir pada KTT kali ini. Menurut Jokowi, jumlah tersebut sudah cukup baik di tengah kondisi krisis dunia saat ini.

“Ini sangat menggembirakan di tengah masa yang sangat sulit seperti sekarang ini, apalagi Presiden Joe Biden dan Presiden Xi Jinping juga akan hadir. Indonesia terus memperjuangkan perdamaian dunia serta menjadi bagian dari solusi berbagai krisis dan pemulihan ekonomi,” keterangan Presiden Jokowi,” .[]

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button