Kemenkes, Pemerintah Indonesia konsisten terhadap aturan yang memperbolehkan pelepasan masker di luar Ruangan

majapahittv.com .Ada yang sedikit berbeda dalam penyambutan kunjungan kenegaraan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 16 Juni 2022. Presiden Joko Widodo dan Presiden Steinmeier tampak tidak menggunakan masker saat upacara penyambutan kenegaraan yang digelar di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa pemerintah Indonesia konsisten terhadap aturan yang membolehkan pelepasan masker di luar ruangan.

“Tetap kita konsisten di luar kita bisa membuka masker, tapi begitu masuk kembali ke ruangan diharapkan dan disarankan tetap memakai masker. Bapak Presiden dan tamunya pun demikian,” ujar Menkes Budi dalam keterangannya usai mengikuti upacara penyambutan kunjungan kenegaraan Presiden Steinmeier di Istana Bogor.

Menkes Budi mengatakan bahwa kasus aktif Covid-19 di Tanah Air pada Rabu (15/6) kemarin kembali meningkat ke angka 1.000 kasus per hari. Meski demikian, berdasarkan pengalaman dan data dari negara-negara lain terkait subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 diperkirakan puncak kasusnya hanya sepertiga dari kasus Covid-19 varian Omicron ataupun Delta.

“Tetapi yang kita perlu kita lihat adalah bahwa fatality rate-nya atau kematian itu jauh lebih rendah mungkin seperduabelas atau sepersepuluh dari Delta dan Omicron,” ungkap Menkes Budi.

Selain itu, level transmisi Indonesia berdasarkan standar WHO juga masih berada di level 1 dan akan naik ke level 2. Budi pun menegaskan bahwa pemerintah akan terus meningkatkan pengawasan dan meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19, utamanya subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 di Tanah Air.

“Tetap waspada dan hati-hati, di luar bisa buka masker tapi begitu masuk di dalam kita harus tetap pakai masker atau kalau di luar kerumunannya banyak pakai masker atau kita merasa badan kita tidak sehat atau ada yang kita lihat duduk berdiri di sebelah kita walaupun di luar batuk-batuk kita tetap pakai masker,” ungkap Menkes Budi. ( setpres  ).

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button